Senin, 10 Desember 2012

Ikan Badut(Clown Fish)
Ikan badut diketahui merupakan ikan yang mempunyai daerah penyebaran relatif luas, terutama di daerah seputar Indo Pasific. Satu jenis, yaitu A. bicinctus, diketahui merupakan endemik Laut Merah. Mereka, pada umumnya, dijumpai pada laguna-laguna berbatu di seputar terumbu karang, atau pada daerah koastal dengan kedalaman kurang dari 50 meter dan berair jernih. Hidup berkelompok adalah cirikhasnya minimal 2 ekor kalaupun hanya satu, pasti akan mencari pasangan untuk hidup.

Ikan Badut atau yang biasa dikenal dengan Nemo memiliki rumah. Rumahnya merupakan salah satu hewan laut yang bentuknya seperti bunga. Dikenal dengan anemon laut (sea anemone) tapi dari sekian ribuh jenis anemon yang ada di laut, hanya 10 jenis anemon yang bisa dijadikan rumahnya. Masing-masing jenis ikan nemo juga tidak sembarang hidup dari 10 jenis anemon itu. Ada yang bisa hidup hanya pada satu atau dua jenis anemon tapi ada juga yang bisa hidup pada hampir ke-10 jenis anemon yang menjadi inang para ikan badut.

Kenapa ikan nemo harus tinggal di anemon dan apa juga untungnya bagi anemon? Di sini terjadi hubungan yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme). Nemo termasuk ikan yang gampang di mangsa predator dikarenakan warnanya yang menyolok sehingga gampang terlihat oleh musuhnya. Anemon bisa melindungi Nemo dari musuh-usuhnya karena anemon memiliki zat yang bersifat menyengat dan sebagian besar ikan takut tersengat olehnya. Selain itu nemo bisa membersihkan diri dari bakteri, parasit dsb dari tubuhnya dengan menggosokkan tubuhnya diantara tentakel anemon. Bagi anemon, untungnya adalah kotoran nemo bisa jadi makanan dan nemo bisa melindungi anemon dari serangan ikan kupu-kupu yang gemar memakan tentakel anemon . Tentu hanya dengan cara menakut-nakuti saja.

Membedakan Nemo Betina dan Jantan:

Dalam satu kelompok ikan nemo akan ada yang berukuran paling besar . Ukuran paling besar ini adalah ratu alias betina sekaligus penguasa rumah. Sisanya semua adalah jantan. Karena Nemo merupakan ikan yang bersifat hermaprodit maka sewaktu-waktu kala betina mati maka otomatis ikan yang ukurnnya agak besar akan berubah kelamin dari jantan menjadi betina.

Jenis yang paling banyak adalah Amphiprion melanopus dan Premnas biaculeatus . Jenis yang paling banyak digunakan oleh nemo sebagai tempatnya tidur adalah jenis Heteractis crispadan Entacmaea quadricolor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar